25 Fakta Menarik Tentang Indonesia


1. Nama "Indonesia" berasal dari kata Latin Indus yang berarti "India" dan kata Yunani nesos yang berarti "pulau." Indonesia awalnya disebut Kepulauan Hindia atau Kepulauan Hindia

2. Nama "Indonesia" diciptakan pada tahun 1850-an oleh James Logan, editor dari Singapura-yang diterbitkan Journal of Kepulauan Hindia dan Asia Timur, sebagai setara lebih pendek untuk istilah "Indian Archipelago."

3. Indonesia adalah negara terbesar di dunia yang tersusun dari pulau-pulau. yang terdiri dari 17.508 pulau, dan sekitar 6.000 pulau yang telah dihuni.

4. Dengan 238 juta penduduk, Indonesia adalah negara terpadat keempat di dunia, di belakang China, India, dan Amerika Serikat. dan Pulau Jawa adalah adalah pulau terpadat di dunia, dengan lebih dari 140 juta penduduk.

5. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi di Indonesia, namun negara mengakui lebih dari 700 bahasa lain juga.

6. Dari 10 pulau terbesar di dunia, tiga adalah bagian dari Indonesia: Kalimantan, Papua / Nugini, dan Sumatera.

7. Kata "ketchup" dalam bahasa Inggris berasal dari "kecap" kata Indonesia, yang merupakan kecap manis.

8. Penduduk Indonesia terdiri 87,2% Muslim, yang membuat Indonesia menjadi bangsa mayoritas penduduk Muslim terbesar di dunia.



9. The badak Jawa adalah salah satu spesies yang hanya ditemukan di Indonesia. Pada tahun 2011, Rhino Federasi Internasional menyatakan Badak Jawa punah, hanya menyisakan sekitar 50 dari hewan-hewan ini hidup di Jawa Semenanjung Ujung Kulon, satu-satunya contoh yang tersisa di alam liar.

10. Jakarta, yang disebut Batavia oleh Belanda, adalah ibukota Indonesia dan merupakan kota terbesar ke-13 di dunia.

11. Indonesia adalah satu-satunya negara yang memiliki komodo (Komodo Dragon), kadal terbesar di dunia, di alam liar. Deskripsi pertama dari komodo diterbitkan di tahun 1910 dari ekspedisi Belanda ke Pulau Komodo, di mana dua naga ditembak dan kulit mereka dibawa ke Jawa. Salah satu teori menyatakan bahwa naga Cina didasarkan pada komodo.

12. Indonesia adalah satu-satunya negara Asia Tenggara yang telah menjadi anggota OPEC, meskipun meninggalkan kartel pada tahun 2008 karena penurunan harga minyak dunia.

13. Indonesia adalah rumah bagi Rafflesia Arnoldii (Bunga Bangkai), bunga terbesar di dunia, yang mungkin bunga Paling bau juga, dan titanium Amorphophallus, bunga tertinggi di dunia.



14. Indonesia merupakan produsen terbesar di dunia minyak sawit, yang dapat ditemukan di kira-kira setengah dari barang yang diproduksi di supermarket atau toko obat. Semuanya dari selai kacang, sabun dan kosmetik mengandung minyak sawit dalam berbagai bentuk.

15. Pemerintah Indonesia hanya mengakui enam agama-Islam, Hindu, Budha, Protestan, Katolik, dan Konghucu. Setiap warga negara Indonesia harus milik salah satu agama, terlepas dari apa yang mereka percaya.

16. Indonesia adalah rumah bagi danau vulkanik terbesar di dunia, Danau Toba, yang terletak di Sumatera dan merupakan situs letusan super gunung berapi besar yang diperkirakan telah terjadi 69.000 untuk 77.000 tahun yang lalu. Ini adalah yang terbesar dikenal letusan eksplosif dalam sejarah bumi dalam 25 juta tahun terakhir.

17. Fosil "Manusia Jawa" yang terkenal, bernama Homo Erectus, ditemukan oleh dokter Belanda Eugene Dubois di pulau Jawa Indonesia pada tahun 1889. Menurut para ahli, tulang Homo Erectus berumur 1,7 juta tahun.

18. Krakatau, gunung berapi di Indonesia, adalah situs dari letusan gunung berapi terbesar yang pernah tercatat. Terjadi pada tanggal 27 Agustus 1883, itu memiliki kekuatan setara dengan 2.000 bom Hiroshima dan mengakibatkan kematian 36.000 orang. Tsunami 131 kaki (40 m) tinggi, memancar keluar pada kecepatan dilaporkan lebih dari 311 mph (500 kph), menghancurkan kota-kota pesisir dan desa-desa. Ledakan itu terdengar dari Sri Lanka ke Perth, Australia, dan gelombang yang dihasilkan menyebabkan lonjakan terlihat di Selat Inggris. Itu volume terbesar dari suara yang direkam dalam sejarah manusia.

19. Candi Budha Borobudur di pulau Jawa Indonesia adalah monumen Budha terbesar di dunia. Menyerupai sembilan-tier "gunung," naik ke 113 kaki (34,5 m) tinggi. dalam pembangunannya menghabiskan waktu 75 tahun untuk menyelesaikannya.



20. Pada tanggal 26 Desember 2004, tercatat gempa terbesar kedua di dunia, gempa 9.3+ besarnya, terjadi di lepas pantai pulau Sumatera Indonesia. Tsunami yang dihasilkan menyerang lebih dari selusin negara di sekitar Samudera Hindia, meninggalkan lebih dari 300.000 orang tewas atau hilang dan jutaan pengungsi. Kekuatan gempa dikatakan telah menyebabkan bumi bergetar pada porosnya dan bergeser sekitar daratan hingga 36 m.

21. Film dan novel berjudul The Year of Living Dangerously terinspirasi oleh pidato proklamator sekaligus presiden pertama Indonesia Bapak Sukarno pada tahun 1964 dan diambil dari slogan pemimpin Italia Mussolini "Live Dangerously," yang awalnya ditulis oleh filsuf Jerman Friedrich Nietzsche pada abad ke-19.

22. Bisa dibilang salah satu ekspor asing di Indonesia adalah Kopi Luwak (Cat Poop Coffee), yang merupakan minuman paling mahal di dunia, dengan biaya sekitar US $ 1.00 per 450 gram. Kopi Luwak adalah seduhan kopi menggunakan biji kopi yang diambil dari sisa kotoran luwak/musang kelapa. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak. Kemasyhuran kopi ini di kawasan Asia Tenggara telah lama diketahui, namun baru menjadi terkenal luas di peminat kopi gourmet setelah publikasi pada tahun 1980-an.

23. Batik Indonesia, sebagai keseluruhan teknik, teknologi, serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) sejak 2 Oktober 2009. Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.

24. Gamelan adalah musik tradisional dari Indonesia yang merupakan gabungan pengaruh seni luar negeri yang beraneka ragam. Kaitan not nada dari Cina, instrumen musik dari Asia Tenggara, drum band dan gerakkan musik dari India, bowed string dari daerah Timur Tengah, bahkan style militer Eropa yang kita dengar pada musik tradisional Jawa dan Bali sekarang ini.

25. Papua adalah rumah bagi lebih dari setengah spesies hewan dan tumbuhan di Indonesia, termasuk lebih dari 190 mamalia, 550 burung penangkaran, dan lebih dari 2.000 jenis anggrek.



Previous
Next Post »