11 Fakta Mencengangkan Tentang Polusi

Polusi adalah kehadiran substansi fisik, biologi, atau kimia di lapisan udara bumi dalam jumlah yang bisa membahayakan kesehatan seluruh komponen biotik penyusun ekosistem, mengganggu keindahan dan kenyamanan, dan merusak properti. Polusi udara timbul akibat adanya sumber-sumber pencemaran, baik yang bersifat alami ataupun karena kegiatan manusia. Beberapa pengertian gangguan fisik seperti pencemaran suara, pencemaran panas, pencemaran radiasi dan pencemaran cahaya di anggap sebagai bagian dari polusi. Adapun karena sifat alami udara yang bisa menyebar tanpa batasan ruang,  membuat dampak polusi udara bisa bersifat lokal, regional, maupun global.

Berikut ini adalah 11 Fakta Mencengangkan Tentang Pollusi, mari kita simak :

1. Polusi merupakan salah satu pembunuh terbesar di dunia, yang mempengaruhi lebih dari 100 juta orang. Itu sebanding dengan penyakit global seperti malaria dan HIV.

2. Pada tahun 1975, National Academy of Sciences memperkirakan bahwa sumber berbasis laut, seperti kapal kargo dan kapal pesiar telah dibuang 14 miliar pound dari sampah ke laut.

3. Lebih dari 1 juta burung laut dan 100.000 mamalia laut telah dibunuh oleh polusi setiap tahun.

4. Orang-orang yang tinggal di tempat-tempat dengan tingkat tinggi polusi udara memiliki risiko 20% lebih tinggi dari kematian akibat kanker paru-paru dibandingkan orang yang tinggal di daerah yang kurang tercemar oleh polusi

5. Lebih dari 3 juta anak-anak di bawah usia 5 tahun meninggal setiap tahun karena faktor lingkungan seperti polusi.

6. China adalah produsen karbon dioksida terbesar di dunia sedangkan Amerika Serikat berada pada nomor 2.

7. Lebih dari 100 pestisida dalam udara menengah, air atau tanah dapat menyebabkan cacat lahir, mutasi gen dan kanker.

8. Ada lebih dari 500 juta mobil di dunia dan pada tahun 2030 jumlahnya akan meningkat menjadi 1 miliar. Ini berarti tingkat pencemaran akan lebih dari dua kali lipat.

9. tumpahan minyak besar seperti yang di Teluk Meksiko, adalah jenis yang terburuk dari pencemaran akibat tumpahan minyak yang konsisten di badan air yang menyebar di tempat lain.


10. Sebuah mobil tunggal menghasilkan setengah ton CO2 dan pesawat ruang angkasa NASA merilis 28 ton C02.

11. Jika Anda berpikir bahwa Anda tidak merokok dan Anda akan terhindar kanker paru-paru, itu tidaklah benar, paru-paru atau jantung bisa saja terkena dampaknya hanya dari paparan ozon dan partikel.

Demikian artikel tentang 11 Fakta Mencengangkan Tentang Polusi, semoga setelah membaca ini kita semakin tersadar untuk selalu menjaga kebersihan alam ini.
Previous
Next Post »